Minggu, 08 November 2015

Hiasi Rumah dengan Ukiran Furniture Mebel Jepara

Berbagai mebel jati selalu menarik untuk digunakan dalam mempercantik tampilan rumah. Warna sampai serat yang mempercantik tampilan kayu jati membuat berbagai ruangan tampak lebih eksotis, selain itu sudah sejak lama kayu jati digunakan sebagai funiture karena dinilai lebih kuat dan lebih tahan terhadap rayap. Indonesia merupakan sebuah bangsa yang kaya akan budaya dan ada istiadat dari masyarakatnya, hal ini sedikit banyak juga telah mempengaruhi berbagai macam motif pada berbagai furniture yang diproduksi oleh masing-masing daerah. Motif yang digunakan untuk pempercantik tampilan mebel jati untuk setiap daerah akan berbeda dengan daerah lainnya salah satunya adalah motif pada furniture jepara.

Kekuatan motif yang menghiasi furniture khas jepara telah membuatnya begitu populer, bukan hanya di dalam negeri namun juga sampai ke pasar mancanegara. Hal ini tidak lepas dari ciri khas ukiran Jepara ditambah dengan kualitas yang selalu dijaga dengan baik dan detail rumit yang banyak digunakan pada berbagai perabot rumah tersebut, hingga tidak mengherankan jika mebel jepara di buru oleh banyak orang dari berbagai kalangan. Mengingat tingginya ketertarikan publik, sektor ini pun telah menjadi salah satu sumber penghasilan yang sangat menjanjikan terutama bagi masyarakat jepara sehingga keterlampilan ini telah diwariskan secara turun temurun selain juga sebagai upaya untuk menjaga dan melestaraikan kekayaan bangsa.
Mebel jepara diketahui mempunyai perbedaan dibandingkan dengan mebel yang terbuat dari kayu lain seperti mahoni, hal ini disebabkan oleh kontruksi yang berbeda dari masing-masing kayu. Jika seni pahat yang menghiasi ukiran pada kayu mahoni akan terlihat lebih halus, maka ukiran khas jepara yang akan menghiasi mebel yang terbuat dari kayu jati akan terlihat lebih kokoh, lebih kuat dan lebih awet.

Berbagai model dan tipe mebel jepara furniture yang ditawarkan dengan kualitas yang tinggi sangat cocok digunakan untuk menghiasi interior maupun ekterior rumah. Berbagai produk perabot rumah yang dihiasi dengan motif khas Jepara, Jawa Tengan ini dapat di temukan pada lemari, meja dalam ruangan maupun meja taman, tempat tidur dan masih banyak lagi.

Ada beberapa tips dalam memilih kayu yang akan digunakan untuk pembuatan mebel khususnya untuk pembuatan furniture jepara diantaranya adalah:
  • Tidak terdapat lubang pada permukaan kayu, karena akan sulit untuk diperbaiki walaupun bisa ditambal, tampilannya akan terlihat sedikit berbeda dan kemungkinan dapat mengurangi nilai ekstetika dari furniture tersebut nantinya.
  • Pilihlah kayu yang sudah tua dan juga kering, karena penggunaan jenis kayu ini dapat memberikan serat yang padat, memberikan warna yang lebih menarik dan merata keseluruh permukaan kayu serta membuat berat kayu lebih yang berbobot.
  • Hindari menggunakan kayu yang sudah diserang Trocoh. Serangan hama ini menimbulkan berbagai lubang kecil pada kayu sehingga membuat perabot menjadi lebih mudah rapuh serta tidak tahan lama.
 

2013 © JUAL JERSEY MURAH | JERSEY BOLA | GRADE ORI | PLAYER ISSUE | READY STOCK | GOHAN JERSEY